Strategi Pengelolaan Keuangan Bagi Pelaku Usaha Kecil

Mengetahui dan memahami bagaimana cara mengelola keuangan sangat diperlukan bagi para pelaku bisnis atau pemilik usaha guna mencapai tujuan utamanya yaitu keberlangsungan bisnis dan meningkatkan keuntungan. Pengelolaan keuangan usaha atau manajemen keuangan bisnis yang kurang efektif tentu menjadi masalah dalam bisnis bahkan dapat menjadi faktor penyebab terjadinya kebangkrutan usaha. Salah satu contoh kegiatan manajemen keuangan bisnis yang mempunyai dampak besar baik untuk bisnis dalam skala besar maupun skala kecil adalah diperlukannya kegiatan pencatatan keuangan usaha secara baik dan benar. Pencatatan keuangan digunakan untuk mengukur kinerja dan target bisnis. Mengelola keuangan bisnis secara efektif merupakan metode untuk menjaga aliran dana usaha supaya dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga para pelaku usaha dapat berhasil dalam mencapai tujuan utama bisnisnya.

Pentingnya manajemen keuangan bagi pelaku usaha kecil atau bisnis kecil. Manajemen keuangan diperlukan bagi usaha kecil seperti dalam menyusun strategi atau mengidentifikasi kondisi finansial usaha untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjangnya. Dua hal penting yang menjadi alasan pentingnya manajemen keuangan bagi pelaku usaha kecil yaitu sebagai decision making dan monitoring. Manajemen keuangan membantu para pebisnis melakukan pengambilan keputusan untuk mengeksekusi rencana dengan memberikan laporan keuangan terkini dan memastikan setiap usaha berkontribusi pada visi dan beroperasi sesuai anggaran serta sejalan dengan strategi bisnis. Banyak pelaku usaha kecil yang berpandangan jika manajemen keuangan dapat berjalan dengan sendirinya, selaras dengan jalannya usaha. Jika usaha berjalan dengan baik, maka keuangan usaha juga akan baik. Tidak bisa dipungkiri jika penjualan dan keuntungan merupakan sumber kas usaha, namun bisnis bukanlah semata-mata bagaimana mendapatkan uang, tetapi juga bagaimana mengendalikan dan menggunakannya.  Beberapa strategi pengelolaan keuangan yang dapat dilakukan oleh para pelaku usaha kecil :

1. Menyusun anggaran kas

Anggaran arus kas membantu memastikan bahwa usaha anda mampu membayar semua pengeluaran dan dapat mengelola pendapatan serta pengeluaran secara efektif.

2. Memonitor piutang klien

Salah satu hal penting dalam manajemen arus kas adalah dengan menetapkan kebijakan kredit yang efektif. Pelaku usaha harus memiliki strategi yang dapat mendorong klien untuk membayar lebih cepat.

3. Memeriksa status hutang

Memeriksa keuangan usaha dengan jadwal pembayaran hutang harus dilakukan secara rutin. Ini akan memberikan image positif dimata kreditur terhadap sebuah usaha dalam menjaga kewajiban kreditnya. Pengecekan ini untuk melihat berapa banyak perusahaan yang berhutang dan apakah usaha anda memiliki jadwal pembayaran yang sudah jatuh tempo.

4. Mengurangi biaya operasional

Mengurangi biaya operasional dapat dilakukan dengan menggunakan tenaga kontrak saat permintaan meningkat, menggunakan bahan baku yang lebih murah namun dengan kualitas yang terjaga, memperbarui teknologi yang digunakan menjadi lebih efisien.

5. Memanfaatkan kredit secara efektif

Semakin baik keadaan suatu usaha, maka akan semakin baik pula prospek usaha kedepannya. Hal tersebut akan memberi dampak pada pemberian kredit usaha menjadi lebih mudah. Penggunaan dana kredit tersebut hendaknya dilakukan dengan tepat dan efisien.

6. Memanfaatkan kelebihan kas

Perubahan kondisi ekonomi akan sangat mempengaruhi keuangan usaha. Hal inilah yang akan mempengaruhi pendapatan dan beban keuangan usaha. Untuk itu kelebihan kas bisa digunakan untuk pengembangan usaha, melunasi hutang, atau mempertahankan produktifitas usaha.

Jadi mengelola suatu usaha tidak hanya mengatur strategi, branding, promosi serta diferensiasi produk, namun juga harus memperhatikan manajemen keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik akan menentukan keberhasilan usaha. Manajemen keuangan adalah proses mengelola keuangan agar mendapatkan keuntungan atas usaha yang dijalankannya serta menggunakan sumber modal yang ada untuk mengembangkan usahanya, pengetahuan dan pemahaman tentang bagaimana mengelola keuangan usahanya dengan baik tentunya sangatlah diperlukan bagi semua para pelaku usaha agar terhindar dari risiko kebangkrutan bisnis.

Penulis : Ira Wikartika

Leave a Comment

Kantor Pusat

PT. JEPE PRESS MEDIA UTAMA
Alamat: Jl. Karah Agung 45, Surabaya
Telepon: 031-8289999 (ext: 303)
Fax: 031-8281004
Jam kerja 08.00 – 17.00