J P B O O K S . I D

Tips Menjaga Imunitas Anak selama Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 merupakan wabah yang saat ini sedang diperangi oleh pemerintah dan masyarakat di seluruh dunia. Banyak protokol kesehatan yang harus dijalani untuk memutus rantai penyebarannya. Selain itu, untuk mencegah penyakit ini menyerang tubuh, maka sistem imunitas tubuh kita haruslah kuat, tidak terkecuali pada anak-anak. Kita harus membantu anak-anak agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat agar tidak mudah terserang penyakit. Berikut adalah tips-tips yang dapat dilakukan.

  1. Menjaga suasana hatinya
sumber foto : rewards.sahabat.nestle.co.id

Menjaga mood anak tetap baik dan ceria perlu dilakukan. Karena suasana hati yang baik mempengaruhi sistem imun pada tubuh. Usahakan jangan membuat anak merasa cemas, stres atau tertekan dengan berita seputar pandemi di media ataupun hal-hal pemicu yang lain. Karena stress yang berlangsung lama, akan melemahkan sistem imun. Untuk itu, selalu jaga perasaan anak agar tidak kacau, murung, apalagi stress. Baiknya kita bersikap ramah, sabar, dan bijak dalam menghadapi anak-anak.

2. Mengajak Anak Tetap Aktif dengan Olahraga atau Permainan

Mengajak anak tetap aktif dengan olahraga atau bermain dapat dilakukan oleh orang tua agar anak senantiasa sehat dan ceria. Dengan demikian sistem imun tubuhnya dapat terjaga. Selain itu, olahraga juga membuat tubuh anak menjadi lebih segar dan sehat. Dalam sehari, anak-anak cukup berolahraga selama satu jam saja. Orang tua dapat mengajaknya olahraga atau bermain di halaman atau taman rumah

3. Pastikan Anak-Anak Terkena Sinar Matahari

Sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat baik bagi tubuh. Ajaklah anak-anak saat pagi hari berjemur sinar matahari di halaman rumah agar sistem imun tubuh tetap kuat dan tulang pun sehat. Berjemur di bawah sinar matahari adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan dan memiliki banyak manfaat. Kita dapat berjemur pada pukul 10.00 cukup 15 – 20 menit

4. Mengonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Sumber foto : okeinfo.net

Makanan juga mempengaruhi daya tahan tubuh anak. Pastikan makanan yang dikonsumsi anak-anak mengandung serat, vitamin c, omega 3 serta antioksidan untuk memperkuat sistem imun. Kandungan-kandungan tersebut banyak kita jumpai pada sayur dan buah-buahan.

5. Menjaga Pola Tidur Anak

Sumber foto : bukalapak.com

Tidur cukup merupakan hal yang penting untuk anak-anak. Ketika tidur, sistem imun akan memproduksi protein sitokin untuk membantu tubuh melawan infeksi serta pembengkakan dalam tubuh. Jika anak-anak kurang tidur, maka produksi protein akan berkurang dan rentan terserang virus.

Kebutuhan tidur sesuai usia rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk anak-anak adalah sebagai berikut.

  • Bayi usia 0-1 bulan membutuhkan tidur 14-18 jam setiap hari.
  • Bayi usia 1-18 bulan membutuhkan waktu tidur 12-14 jam setiap hari, termasuk tidur siang.
  • Usia 3-6 tahun membutuhkan waktu untuk istirahat tidur 11-13 jam, termasuk tidur siang.
  • Usia 6-12 tahun membutuhkan waktu tidur 10 jam.
  • Usia 12-18 tahun membutuhkan tidur selama 8-9 jam

Leave a Comment

Kantor Pusat

PT. JEPE PRESS MEDIA UTAMA
Alamat: Jl. Karah Agung 45, Surabaya
Telepon: 031-8289999 (ext: 303)
Fax: 031-8281004
Jam kerja 08.00 – 17.00